Sepuluh Masjid di Sumbar Raih Ampera Award, Gubernur Mahyeldi Tekankan Pentingnya Kenyamanan Masjid sebagai Pusat Kegiatan Umat

 


BECKER.BIZ.ID – Sepuluh masjid terbaik di Sumatera Barat (Sumbar) berhasil meraih Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (Ampera) Award tingkat Provinsi Sumbar tahun 2024. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap pengelolaan masjid yang tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan umat.


Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah Datuak Marajo, menekankan bahwa kenyamanan masjid harus menjadi prioritas utama. "Keberadaan masjid selain sebagai sarana beribadah, juga harus bisa menjadi pusat kegiatan pendidikan, ekonomi, kebudayaan, kepemudaan, dan lain sebagainya. Sehingga, tentu kita membutuhkan masjid yang nyaman bagi umat," ujar Mahyeldi saat menyampaikan sambutannya pada Malam Ampera Award Sumbar 2024 di Auditorium Istana Gubernuran, Rabu (28/08/2024).


Mahyeldi berharap dengan adanya Ampera Award, seluruh pengelola masjid di Sumbar termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas kenyamanan masjid yang mereka urus. Ia juga menekankan pentingnya kebersihan, fasilitas, dan keramahan masjid bagi semua pengunjung, termasuk perempuan, anak-anak, dan difabel. "Dari segi jumlah, masjid di Sumbar jumlahnya lebih dari cukup. Namun, terkait imaratulmasjid atau menghidupkan berbagai kegiatan di masjid, masih menjadi hal yang harus diupayakan. Salah satunya dengan menciptakan kenyamanan. Kita berharap, Ampera Award dapat memotivasi seluruh pengurus masjid dan masyarakat," tambah Mahyeldi.


Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin, juga menyampaikan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) memiliki regulasi terkait status masjid. Selain sebagai tempat melaksanakan ibadah wajib, masjid juga harus difungsikan untuk pembinaan sosial dan ekonomi umat. Dalam acara tersebut, Mahyudin menyebutkan bahwa dari 18.677 masjid di Sumbar, terpilihlah 10 masjid terbaik yang akan mewakili Sumbar pada ajang serupa di tingkat nasional.


Masjid-masjid terbaik tersebut antara lain:


Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok (kategori Masjid Agung)

Masjid Nurul Huda Tanjung Alam Kabupaten Agam (kategori Masjid Besar)

Masjid Baitul Hajar Padang Pariaman (kategori Masjid Jami')

Masjid Asasi Padang Panjang (kategori Masjid Bersejarah)

Masjid Al Hakim Kota Padang (kategori Masjid Publik)

Masjid Jami' Ijtihad Sikalang Sawahlunto (kategori Masjid Ramah Anak dan Perempuan)

Masjid Al Ikhwan Aia Angek Kabupaten Solok (kategori Masjid Ramah Difabel)

Masjid Darul Amal Sungai Janiah Kabupaten Agam (kategori Masjid Ramah Lingkungan)

Masjid Akbar Kabupaten Tanah Datar (kategori Masjid Keragaman)

Masjid Nurul Huda Kota Padang Panjang (kategori Masjid Ramah Musafir)

Acara Malam Ampera Award Sumbar 2024 juga dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh masyarakat, termasuk Pj Wali Kota Padang Panjang Sonny BP, Wawako Solok Ramadani Kirana Putra, dan jajaran pengurus Baznas serta Ormas Islam di Sumbar. Penghargaan ini menjadi dorongan bagi masjid-masjid di Sumbar untuk terus berinovasi dalam mengelola dan memaksimalkan peran masjid sebagai pusat kegiatan umat. (*)


Post a Comment

Previous Post Next Post