Pelatihan Makeup Artis Bersertifikat BNSP: Inisiatif Pemkab Blitar dengan Dana DBHCHT untuk Pencaker



BECKER.BIZ.ID - Acara pelatihan make up artis ini diselenggarakan di tempat wisata Blitar Park Sawahan, Pojok, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Senin (22/07).


Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri acara penutupan pendidikan dan pelatihan Keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan Klaster Kompetensi dengan Skema Make UP Artis, Senin 22 juli 2024 di Wisata Blitar Park.


Pelatihan yang berlangsung selama 13 hari dimulai dari tanggal 09-23 Juli 2024 dihadiri oleh, Bupati Blitar, Disnaker, APTI Kabupaten Blitar, LPK dan peserta pelatihan.


Kepada peserta pelatihan Bupati Blitar, Rini Syarifah dalam sambutanya mengatakan, pelatihan yang sudah berlangsung beberapa hari lalu benar-benar bisa bermanfaat, bisa diaplikasikan, karena merias bisa untuk diri sendiri juga untuk orang lain.


“Dengan merias diri atau pakai make up, bisa mempercantik penampilan, meningkatkan rasa percaya diri,dan meningkatkan hubungan interpersonal. Demikian halnya ketika merias orang lain, tentu akan membuat orang senang,dan tentunya bisa menambah pendapatan," jelasnya.


Bupati Blitar menjelaskan,terus asah kemampuan diri,karena saya yakin setelah pulang dari sini nanti ada yang langsung bikin salon kecantikan atau di medsos, panjenengan manawarkan jasa make up.Intinya saya minta panjenengan bisa baca peluang. 


"Jadikan keahlian mencari cuan. Bapak/Ibu yang saya hormati, dalam era globalisasi yang terus berkembang, persaingan di berbagai bidang semakin ketat. Sertifikasi BNSP tidak hanya memberikan pengakuan dari pihak berwenang, tetapi juga membuka pintu untuk bersaing di tingkat nasional dan internasional," tegas Bupati.


Sementara itu, Kepala Disnaker Kabupaten Blitar, Tavip Wiyono pada kesempatan itu menjelaskan, acara penutupan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja berdasarkan klaster kompetensi dengan skema make up artist tahun 2024 diselenggarakan dari dana DBHCHT.


“Pelaksanaan pelatihan Sang Kapten ini merupakan pelatihan kedua yang menggunakan dana DBHCT dan masih ada beberapa pelatihan yang akan dilaksankan lagi di bulan-bulan berikutnya. Sedangkan pelaksanaan pelatihan ini dimulai pada tanggal 9 Juli 2024 hingga hari ini, 22 Juli 2024 dan besok pada tanggal 23 Juli 2024 akan dilaksanakan uji kompetensi," terangnya.


Kadis Naker tersebut menyebut, lembaga penyelenggara adalah dari LPK Erlin Estetika Blitar untuk lembaga sertifikasinya adalah LSP Paras dari Surabaya. Pihaknya berharap pelaksanaan pelatihan selama 12 hari ini dapat menambah semangat pencari kerja dalam berkarya dan dapat meningkatkan keterampilan kerja.(Nur)

Post a Comment

Previous Post Next Post