Sebagai Wujud rasa Syukur atas Berkah dan Karunia Tuhan, Pemerintah Desa Sumberjati Gelar Bersih Desa



BECEKER.BIZ.ID - Tradisi Bersih Desa atau yang disebut dengan Sedekah Bumi merupakan Adat didaerah pedesaan yang sudah dilakukan turun temurun berabad-abad  lamanya.

Di pulau Jawa  khususnya ritual Bersih Desa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam dan dapat didefinisikan sebagai perwujudan rasa syukur atas berkat dan rahmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kapada warga desa selama ini.

Ritual bersih desa juga sering dimaknai sebagai bentuk permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan hidup ditahun mendatang,terang Jauhari Kepala Desa Sumberjati kecamatan Kademangan Kabupaten blitar 10/6 disela-sela kegiatan.


Untuk rangkaian Acara bersih desa malam hari ini Pemdes melaksanakan ritual kenduri bersama,yang  bertujuan untuk mendo'akan para leluhur,khususnya orang-orang yang berjasa atas berdirinya desa sumberjati,juga mendo'akan para perangkat desa yang telah meninggal terlebih dahulu,karena berkat pengabdian dan jasa beliau.


 Desa Sumberjati menjadi maju seperti sekarang ini,setelah itu masyarakat akan dihibur dengan pagelaran wayang kulit,karena kesenian wayang kulit juga bagian dari seni budaya Jawa yang harus kita pertahankan kelestariannya tambahnya.

Dalam sambutannya Kepala Desa menghimbau kepada masyarakat Desa Sumberjati khususnya untuk tetap menjaga dan melestarikan adat budaya turun temurun ini,karena banyak ajaran nilai-nilai luhur yang bisa kita petik. 

Kades juga berharap,anak-anak muda yang hidup di era modern ini tetap ikut menjaga budaya yang telah kita jaga  dan kita lestarikan  bersama,agar tidak hilang tergerus oleh kemajuan jaman.(Nur)

Post a Comment

Previous Post Next Post