Gubernur Sumbar Respon Cepat, 30 Ton Beras untuk Korban Banjir Dharmasraya



BECKER.BIZ.ID - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menunjukkan respons cepat terhadap musibah banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Dharmasraya beberapa waktu lalu. 


Hari ini, beliau secara resmi menyerahkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) seberat 28.980 kilogram kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.


Bantuan ini disalurkan secara langsung di Kantor Wali Nagari Abai Siat, Kecamatan Kota Besar, Dharmasraya. Gubernur Mahyeldi, dalam keterangannya, menyampaikan bahwa bantuan tersebut khusus untuk warga yang terdampak banjir dan tanah longsor. 


"Pemprov Sumbar hadir menyalurkan bantuan beras cadangan pangan hampir 30 ton untuk warga kita yang terkena musibah banjir di Dharmasraya," ujar Gubernur Mahyeldi.


Dalam acara penyerahan bantuan, Gubernur didampingi oleh sejumlah pejabat terkait, antara lain Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Syaiful Bahri; Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim; Kepala Bapenda Sumbar, Syefdinon; Kepala Dinas Sosial Sumbar, Syaifullah; serta Plt Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, Noli.


Gubernur Mahyeldi menekankan bahwa bantuan ini disalurkan berdasarkan permintaan dan pendataan yang dilakukan oleh Pemkab Dharmasraya. 


Sebagai langkah preventif, Gubernur menyampaikan perlunya upaya-upaya untuk meminimalisir dampak bencana di Sumbar ke depan. Dia juga menyoroti penataan permukiman masyarakat sebagai salah satu faktor penyebab banjir.


"Saat ini, normalisasi sedang dilakukan di Batang Siat dan Batang Nabuan. Koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) akan terus dilakukan untuk menjaga kelancaran normalisasi ini. Kami mengimbau masyarakat untuk mendukung agar potensi banjir ke depan dapat diminimalisir," tambah Gubernur.


Sekretaris Daerah Dharmasraya, Adlisman, melaporkan bahwa sebanyak 11 titik banjir terjadi di berbagai kecamatan di Dharmasraya. 


Adanya upaya penanganan dan permohonan bantuan pembangunan cek dam menjadi salah satu langkah antisipasi dari Pemkab Dharmasraya.


Pemberian bantuan ini menjadi bukti nyata komitmen Pemerintah Provinsi Sumbar dalam membantu daerah-daerah yang terdampak bencana, dengan harapan dapat membantu pemulihan dan rekonstruksi masyarakat yang terkena dampak. (*)




Post a Comment

Previous Post Next Post